6 Jul 2016

Misteri Planet Mars

Misteri Planet Mars

Misteri Planet Mars

Sejak pertama kalinya planet Mars ditemukan pada 1534 bc, manusia mulai tertarik dengan planet merah ini dan sering bertanya, "apakah planet ini mempunyai penghuni? apakah ada air disana?"

Dibawah ini adalah beberapa misteri planet Mars.

Mars mempunyai 2 bagian permukaan yang berbeda

Tahukah kamu kalau Mars mempunyai 2 bagian permukaan yang berbeda antara permukaan bagian utara dan bagian selatan?

Bagian permukaan utara Mars terlihat datar dan halus, sementara bagian permukaan selatan terlihat kasar, dipenuhi dengan kawah dan pergunungan dan kerak planet dibagian itu juga lebih tebal dibandingkan dengan bagian utara.

Apa yang menyebabkan terjadinya perbedaan antara 2 permukaan bagian planet merah ini?

Para para scientists masih belum dapat memberi penjelasan tentang hal ini, mereka hanya bisa memberi beberapa teori antaranya kemungkinan besar penyebab mengapa bagian selatan terlihat kasar dan dipenuhi oleh kawah karena dulunya bagian selatan Mars pernah dipenuhi oleh lautan atau objek sebesar pluto, meteor atau komet pernah menghantam Mars.

Lautan kuno Mars

Pada abad ke-19, Astronom asal Itali, Giovanni Schiaparelli pernah mengamati bagian permukaan Mars dan percaya bahwa Mars mempunyai kanal tapi apa yang dia amati dan percayai ternyata hanyalah sebuah ilusi optik, tapi dari hasil pemeriksaa geologi menyarankan bahwa planet Mars dulu pernah mempunyai lautan dan sungai, bahkan laporan terbaru yang diberikan Senior Science dari Planetary Science Institute's, telah mengungkapkan bahwa Mars memang pernah mempunyai lautan tapi mengalami mega-tsunami yang disebabkan oleh asteroids. 

Apakah Mars yang sekarang mempunyai air?

Misteri Planet Mars

Ya, planet Mars mempunyai air. Para scientist awalnya tidak percaya karena tekanan udara di planet ini terlalu rendah untuk memungkinkan air bertahan sebagai cairan untuk setiap periode signifikan waktu di datarannya.

Tapi pada bulan September 2015, NASA mengkonfirmasi bahwa rover curiosity telah menemukan kehadiran aliran air dilereng Mars pada bulan-bulan terpanas di planet Mars, tapi air ini tidak bisa diminum karena terlalu asin.Tapi para scientists percaya bahwa air yang kurang dan tidak asin dari sungai dan sumur, kemungkinan besar ada di kedalaman planet merah ini. 

Methane (metana) ditemukan di atmosfir Mars

Pada tahun 2005 European Space Agency's Mars Express mendeteksi jumlah kecil metana di atmosfir Mars. Metana dapat diproduksi dari aktifitas vulkanik, tapi kebanyak metana yang diproduksi oleh atmosfer bumi di produksi dari kehidupan. 

Jadi, dari manakah datangnya metana diplanet Mars?

Banyak yang belum pasti tentang hal ini.

Metana hanya bisa exist selama 300 tahun didalam atmosfer Mars, jadi apapun yang mencipta metana diplanet ini, telah melakukannya dalam masa beberapa abad atau secara alternatif masih melakukannya sampai sekarang.

Apakah ada kehidupan di planet Mars?

Keberadaan air dan pelepasan metana di atmosfer dan adanya organik molekul yang di deteksi oleh Viking Lander pada tahun 1975, juga keberadaan Formaldehida yang telah ditemukan pada tahun 2005 tidak cukup untuk membuktikan adanya kehidupan diplanet misterius ini, tapi kalau semua digabungkan, bukti ini akan sangat menarik untuk memberi kita konfirmasi tentang adanya kehidupan mahluk luar angkasa di planet Mars. Namun ada konsensus umum diantara para komunitas scientist yang menyatakan kalaupun ada kehidupan diplanet Mars, kemungkinan besar ia hanyalah berbentuk mikroorganisma seperti, metanogen yang kemungkinan besar berada dibawah kedalaman planet Mars dan jauh dari jangkauan Viking Lander dan rover tanpa mengebor.

Pada bulan Maret, tahun 2016 ini, the European Space Agency's Mars Express telah melakukan misi bersama Rusia untuk mencari tahu sumber metana diplanet Mars dan pada bulan Oktober ini kemungkinan besar kita akan tahu apakah ada kehidupan diplanet Mars.

Apakah kita berasal dari Mars?

Misteri Planet Mars


Baru- baru ini, NASA memegang katalog 34 meteorit yang ditemukan di Antartika, Mesir, India dan dari berbagai lokasi diseluruh dunia, dan ada sekurangnya 3 keanehan anomali yang mengarah kemungkinan meteorit-meteorit itu berasal dari bagian Mars dan sewaktu dianalisa, mereka menemukan struktur yang selalunya dibuat oleh mikroba dan mikroba tersebut, saat ini cuma terdapat dibumi. 

Meteorit-meteorit ini telah terlempar keluar angkasa oleh dampak kuat dan berada di tata surya selama milliaran tahun sebelum mendarat kebumi yang saat itu masih belum lagi berpenghuni.

Nah, apakah kita memang berasal dari Mars? 

Cukup sampai disini dulu informasi Misteri Planet Mars











Load disqus comments

0 comments